HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Manual Mutu

A.   LATAR BELAKANG

Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Badan Peradilan di bawahnya senantiasa berupaya membangun citra positif peradilan melalui berbagai kebijakan pembaruan untuk mewujudkan pengadilan yang agung (Court of Excellence).Kebijakan ini sebagaimana tertuang dalam dokumen Perencanaan Jangka Panjang Badan Peradilan Indonesia, yang dinamakan Cetak Biru (Blue Print) Pembaruan Peradilan Indonesia 2010-2035. Cetak Biru ini merupakan penyempurnaan dari Cetak Biru yang diterbitkan tahun 2003, guna lebih mempertajam arah dan langkah dalam mencapai cita-cita pembaruan badan peradilan secara utuh. Penyusunan Cetak Biru ini dengan menggunakan pendekatan kerangka pengadilan yang unggul (The Framework of Courts Excellence). Kerangka ini terdiri dari 7 (tujuh) area “Peradilan yang Agung” yang dibagi ke dalam 3 (tiga) fungsi, yaitu: pengarah/pengendali(driver), sistem dan penggerak(system and enabler), dan hasil(result).

Sebagai fungsi pengarah adalah area:

1.      

1.     KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN PENGADILAN

Fungsi sistem dan penggerak, berada dalam area :

1.      

1.     KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PENGADILAN

2.     SUMBER DAYA MANUSIA, SARANA-PRASARANA DAN KEUANGAN

3.     PENYELENGGARAAN PERSIDANGAN

Sedangkan fungsi hasil dalam area:

1.      

1.     KEBUTUHAN DAN KEPUASAN PENGGUNA PENGADILAN

2.     PELAYANAN PENGADILAN YANG TERJANGKAU

3.     KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN MASYARAKAT PADA PENGADILAN

Tujuh area ini dikembangkan berdasarkan kerangka pengadilan yang agung (court excellence framework) yang merupakan kerangka pikir dan kerja bagi pengadilan yang ingin meningkatkan kinerjanya. Kerangka ini telah dikembangkan dan digunakan secara internasional.

Cetak Biru itu dipetakan bahwa permasalahan yang dihadapi Badan Peradilan antara lain: visi dan misi yang kurang dipahami sepenuhnya oleh seluruh personil peradilan. Oleh karenanya, diperlukan perumusan visi dan misi yang baru beserta proses sosialisasi yang komprehensif dan terstruktur.

Dalam pelaksanaan fungsi teknis, Masalah yang dihadapi badan-badan peradilan yang harus mendapat perhatian khusus, adalah :

1.      

a.     Kepastian hukum dan kualitas serta konsistensi putusan

b.    Lamanya proses berperkara. Hal ini berkaitan dengan pengeluaran biaya yang diperlukan di pengadilan menjadi sulit untuk diprediksi.

c.     Kurangnya pemahaman pencari keadilan dan pengguna pengadilan mengenai prosedur, dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

d.    Minimnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan. 

Sedangkan permasalahan dalam fungsi pendukung antara lain :

·         Dalam hal pengelolaan sumber daya manusia, distribusi hakim dan aparatur peradilan yang belum merata. 

·         Dalam hal pengelolaan sumber daya keuangan, antara lain adalah belum adanya Standar Pelayanan yang baku terkait dengan penerimaan dan belanja negara, dan adanya perangkapan jabatan antara jabatan struktural dengan jabatan pengelola keuangan. 

·         Dalam hal pengelolaan sarana dan prasarana, antara lain:

1.      

a.     Lokasi pengadilan yang cukup sulit untuk diakses oleh masyarakat yang berasal dari daerah pinggir kota.

b.    Gedung pengadilan yang masih perlu ditingkatkan kelayakannya dari sisi keamanan maupun kenyamanan.

c.     Kemampuan untuk mengelola prasarana dan sarana pengadilan belum memadai sehingga berpengaruh terhadap prestasi kerja hakim dan aparatur peradilan dan kepuasan masyarakat atas kualitas pelayanan pengadilan.

d.    Akuntabilitas pengadaan barang dan jasa, serta manajemen aset negara, yang perlu terus diupayakan perbaikannya.

e.     Penyimpanan dan pengelolaan informasi tentang aset negara yang belum dibuat secara baik. 

·         Dalam hal pengelolaan teknologi informasi

1.      

a.     Upaya untuk mengaplikasikan teknologi dalam pengelolaan informasi yang diperlukan internal organisasi maupun para pencari keadilan dan pengguna pengadilan, dimana perlunya satu kebijakan sistem pengelolaan TI yang komprehensif dan terintegrasi, untuk memudahkan dan mempercepat proses pelaksanaan tugas dan fungsi di setiap unit kerja. Dengan demikian dapat diharapkan tejadinya peningkatan kualitas pelayanan informasi kepada masyarakat.

b.    Transparansi peradilan hingga kini masih menjadi permasalahan yang sangat perlu diperhatikan dan dibenahi. Masyarakat masih mengeluhkan sulitnya mengakses informasi dari pengadilan. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman pejabat peradilan mengenai pentingnya jaminan informasi bagi publik. Oleh karena itu, mekanisme penyediaan dan penyimpanan informasi juga perlu terus ditingkatkan sehingga pengadilan selalu siap dalam merespon permintaan informasi.

Fungsi lain yang perlu mendapat perhatian adalah monitoring dan evaluasi serta fungsi pengawasan merupakan salah satu faktor kunci untuk mengembalikan kepercayaan publik kepada pengadilan.

PENGADILAN NEGERI TARUTUNG juga tidak lepas dari adanya kritikan atas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, dan sebagai respon atas hal tersebut PENGADILAN NEGERI TARUTUNG telah melakukan upaya-upaya perbaikan di segala unit. Menyikapi tuntutan tersebut, PENGADILAN NEGERI TARUTUNG terus giat melakukan pembenahan perbaikan sistem kerja yang berdampak pada peningkatan efisiensi, efek­tivitas, serta produktivitas SDM Aparatur yang transparan dan akuntabel, serta telah memili­ki Standar Pelayanan yang sesuai kaidah manajemen mo­dern yang dipraktekkan secara konsisten, hingga mempermudah dan memperlancar pelayanan prima. Namun demikian untuk melakukan perbaikan yang cepat dan menyeluruh diperlukan langkah pembaruan dengan metode yang taktis sistematis.

Perbaikan sistem kerja ini, atau sebut saja peningkatan kinerja PENGADILAN NEGERI TARUTUNG, dapat dikatakan sebagai bentuk strategi pelaksanaan Cetak Biru Pembaruan Mahkamah Agung RI di tingkat unit kerja peradilan tingkat pertama, dan sekaligus merupakan pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah menjadi agenda nasional di tingkat PENGADILAN NEGERI TARUTUNG.

PENGADILAN NEGERI TARUTUNG dituntut untuk menyediakan pelayanan standar peradilan yang bermutu, yaitu pelayanan yang mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan pengguna pengadilan. Untuk mencapai hal tersebut, maka PENGADILAN NEGERI TARUTUNG perlu memiliki sistem manajemen mutu, yaitu persyaratan standar yang digunakan untuk mengakses kemampuan organisasi dalam memenuhi kebutuhan pengguna pengadilan dengan peraturan yang sesuai. Salah satu dokumen mutu yang perlu disusun dalam rangka memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu adalah manual mutu. Hal tersebut menjadi salah satu dasar pembuatan Manual Mutu Sistem Manajemen Mutu STANDARD AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PERADILAN UMUM - ICPE PENGADILAN NEGERI TARUTUNG.

 

B.   RUANG LINGKUP

Ruang lingkup implementasi Sistem Manajemen Mutu STANDARD AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PERADILAN UMUM - ICPE untuk PENGADILAN NEGERI TARUTUNG meliputi seluruh proses pelayanan yang menjadi tugas pokok dan fungsi seluruh unit di PENGADILAN NEGERI TARUTUNG, meliputi:

a.      

a.      

a.                  Manajemen peradilan.

b.         Administrasi perkara.

c.          Administrasi persidangan.

d.                 Administrasi umum.

e.          Pelayanan publik.

f.          Pengelolaan Kas

g.         Pengadaan barang dan jasa

h.          Pengawasan

i.           Penanganan Pengaduan

Adapun unit di PENGADILAN NEGERI TARUTUNG yang melaksanakan kegiatan pelayanan adalah :

1.      

1.     Pimpinan, yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua

2.     Hakim/ Majelis Hakim

3.     Panitera

4.     Sekretaris

5.     Kepaniteraan, yang terdiri : Panitera Muda Perdata; Panitera Muda Pidana; Panitera Muda Hukum

6.     Panitera Pengganti

7.     Jurusita

8.     Kesekretariatan, yang terdiri :Sub Bagian Umum dan Keuangan; Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana; Sub Bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan

 

C.   VISI

      Visi PENGADILAN NEGERI  TARUTUNG

 adalah “Terwujudnya PENGADILAN NEGERI TARUTUNG yang Agung”.

 

D.  MISI

     PENGADILAN NEGERI TARUTUNG mengemban misi:

1.             Menjaga kemandirian PENGADILAN NEGERI TARUTUNG

2.             Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan

3.             Meningkatkan kualitas kepemimpinan di PENGADILAN NEGERI TARUTUNG

4.             Meningkatkan kredibilitas dan transparansi di PENGADILAN NEGERI TARUTUNG

 

E.  NILAI-NILAI UTAMA BADAN PERADILAN

Berdasarkan visi dan misi di atas, dikembangkanlah nilai-nilai utama badan peradilan. Nilai-nilai inilah yang akan menjadi dasar perilaku seluruh warga badan peradilan dalam upaya mencapai visinya. Pelaksanaan dari nilai-nilai ini pada akhirnya akan membentuk budaya badan peradilan. Nilai-nilai yang dimaksud, adalah:

Kemandirian Kekuasaan Kehakiman 

Integritas dan Kejujuran

Akuntabilitas 

Responsibilitas 

Keterbukaan 

Ketidakberpihakan 

Perlakuan yang sama di hadapan hukum 

 

 

F.   BUDAYA KERJA

Nilai-nilai budaya kerja yang dianut dan mendasari setiap langkah dalam penyelesaian tugas di PENGADILAN NEGERI TARUTUNG berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik IndonesiaNomor: 026/KMA/SK/II/2012 TENTANG STANDAR PELAYANAN PERADILAN, dimana segenap Pelaksana dalam menyelenggarakan pelayanan publik harus berperilaku:

1.     adil dan tidak diskriminatif;

2.     cermat;

3.     senyum,salam dan sapa;

4.     tegas, andal, dan tidak memberikan putusan yang berlarut-larut;

5.     profesional;

6.     tidak mempersulit;

7.     patuh pada perintah atasan yang sah dan wajar;

8.     menjunjung tinggi nilai-nilai akuntabilitas dan integritas institusi PENGADILAN NEGERI TARUTUNG;

9.     tidak membocorkan informasi atau dokumen yang wajib dirahasiakan sesuai dengan peraturan peradilan dan perundang-undangan yang berlaku;

10.  terbuka dan mengambil langkah yang tepat untuk menghindari benturan kepentingan;

11.  tidak menyalahgunakan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan publik;

12.  tidak memberikan informasi yang salah atau menyesatkan dalam menanggapi permintaan informasi serta proaktif dalam memenuhi kepentingan masyarakat;

13.  tidak  menyalahgunakan  informasi,  jabatan,   dan/atau   kewenangan  yang dimiliki;

14.  sesuai dengan kepantasan; dan

15.  tidak menyimpang dari prosedur.